Cara Asyik Menulis Ala Kang Kholis

Apa kabar sahabatku sekalian? semoga selalu diberikan kenikmatan sehat wal afiat, ilmu yang barokah dan pastinya selamat datang di blog kecil saya, dan semoga tak bosan untuk berkunjung.

Baiklah, kali ini saya akan berbabagi sedikit trik agar menulis itu tetap asyik. Bagi sahabat-sahabat yang baru memulai atau ingin menekuni dunia tulis menulis, mungkin sedikit uraian saya bisa bermanfaat.



Untuk memulai menulis itu, sebenarnya tak ada yang perlu dikhawatirkan. Apalagi, hal itu timbul dari keinginan atau niat dari diri kamu sendiri. Tentunya, itu akan sangat membantu untuk cepat berkembang, dan saya yakin kamu akan bisa menulis berlembar-lembar bahkan nanti bisa dibukukan.'

Ketika menulis, ada baiknya kamu lupakan dulu teori-teori tentang menulis yang pernah kamu baca atau pernah kamu dengar. Sebab apa? Karena menulis adalah sebuah kegiatan kreatif, yang akan terasa hambar dan juga kaku jika diembel-embeli aturan. Tulis saja apa ide yang ada di pikiran kamu dan jangan terpaku dengan teori. Luapkan saja unek-unek yang menari-nari di kerangka kepalamu. Tulislah dengan perasaan, dan apa yang kamu rasakan tulislah.

Kan nanti nggak beraturan? melenceng dari tema? salah ketik? 

Nggak apa-apa. Jangan gundah gulana dengan itu semua. Nanti, jika memang sudah selesai apa yang kamu tulis, barulah kamu mengedit tulisan itu. Di situlah, gunakan pikiranmu untuk membenahi mana kalimat yang kurang tepat, tanda baca yang lebih atau kurang, logika yang kurang tepat dan lain sebagainya.

Kemudian, yang perlu diperhatikan juga, jangan nulis sambil ngedit. Kenapa? karena itu akan membuat tulisanmu tak kelar-kelar. Jika kamu menulis sambil mengedit, baru di paragraf pertama atau kedua, nanti bisa memakan waktu yang lama. Karena, nanti baru selesai paragraf, kamu akan baca, edit lagi karena kurang pas, tulis lagi, baca lagi, dan edit lagi karena nggak sesuai juga. Lha, kalau sudah begini kapan selesainya? Nanti seharian malah kamu hanya bisa nulis satu paragraf, dan justru ini akan membuat kamu akan cepat jenuh. 

Kalau mau nulis ya nulis saja, apa yang kamu rasakan tulis, dan biarkan itu mengalir. Ketika pada saatnya baru kamu lakukan hal di atas tadi, yaitu mengedit. Yakni, ketika yang kamu tulis memang sudah rampung, ide kamu sudah kamu tuangkan dalam tulisan, emosi kamu sudah tercurah di tulisan itu.

Jadi, dengan begitu kamu akan lebih asyik untuk menulis, dan tanpa beban karena banyaknya aturan teori sebagai embel-embel ketika menulis. Dan, apa yang terjadi ketika kamu melakukan sesuatu hal tanpa beban, tanpa nerveous, dan tentunya dengan hati senang. Tentunya, lebih rileks dan asyik tho...

Pastinya, sambil berkembangnya waktu, tentu hal-hal yang berkaitan dengan menulis juga sebaiknya diketahui, sehingga untuk menjadi profesional tak hanya mimpi. Doa dari saya, semoga sahabat-sahabat semua bisa menjadi penulis yang tak sekadar menulis, tapi juga mampu menjadi sekian dari penulis profesional. 







Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Cara Asyik Menulis Ala Kang Kholis"

Posting Komentar